Senin, 20 Agustus 2012

Poneglyph


Poneglyph secara harfiah diterjemahkan sebagai “Sejarah berupa Tulisan”, Poneglyph merupakan batu raksasa berwarna biru dan berbentuk kubus yang di salah satu permukaannya terpahat tulisan dengan huruf kuno yang di dalamnya dijelaskan sejarah-sejarah penting. Poneglyph jumlahnya banyak dan tersebar di dunia dan dikabarkan bahwa satu-satunya orang yang ada pada saat ini, yang dapat membaca apa yang terkandung dalam Poneglyph adalah Nico Robin.

Masing-masing Poneglyph ini menjelaskan sejarah-sejarah yang telah terlupakan. Beberapa sejarah yang telah terungkap hingga saat ini adalah keberadaan senjata kuno (Pluto dan Poseidon). Terdapat dua jenis poneglyph, yang pertama adalah poneglyph yang membawa informasi keberadaan poneglyph lainnya, dan yang kedua adalah yang membawa informasi rekaman-rekaman sejarah yang telah terlupakan. Hanya jika semua poneglyph telah terungkap, sejarah dunia akan terang benderang, khusunya sejarah Abad Kekosongan (Void Century).

Telah terungkap juga sebelumnya bahwa Pemerintah Dunia telah melarang penelitian atau pencarian terhadap poneglyph. Namun dengan tanpa menghiraukannya, Nico Robin tetap berambisi untuk menemukan dan mengungkap Rio Poneglyph. Robin menyatakan bahwa untuk maju ke depan, haruslah mengumpulkan bagian-bagian dari masing-masing Poneglyph selama perjalanannya menuju Raftel. Telah terungkap pula bahwa Gol D. Roger dapat mengikuti perjalanan karena ia mampu mendengar “suara dari segala sesuatu”. Dia rupanya dapat mengungkap jalan tersebut. Bawahan Roger, Reyleigh, menyatakan bahwa ia mengetahui kebenaran Abad Kekosongan (Void Century) dan mereka juga telah mengungkap misteri Poneglyph. Dia mengakui dengan mengungkapkan misteri ini akan berdampak besar atau memberikan interpretasi terhadap sejarah yang hilang. Dia menyarankan Robin untuk mengungkapkan misteri ini dengan tangannya sendiri dengan mengabaikan sejarah yang ada sekarang.

Kekuatan Poneglyph
Poneglyph tidak memiliki kekuatan secara fisik untuk melakukan sesuatu, tetapi tulisan yang terpahat pada poneglyph mempunyai kekuatan untuk mengubah dunia. Poneglyph dibuat dari batuan padat yang tak bisa dihancurkan. Tujuan dari penggunaan batuan padat tersebut adalah agar bisa tersampaikan ke masa depan meskipun jangka waktunya beberapa abad. Selain itu, batuan padat juga berfungsi sebagai pengganti dari kertas yang mudah hancur.

Fungsi dan Tujuan Poneglyph
Masing-masing dari poneglyph menceritakan sebagian dari sejarah lama yang telah terlupakan. Dalam sejarah tersebut juga disebutkan dua senjata dengan kekuatan untuk menghancurkan dunia yaitu Pluton dan Poseidon (belum ditunjukkan dari poneglyph mana Uranus disebutkan). Dari seluruh poneglyph yang tersebar  di Dunia, terdapat dua jenis poneglyph yaitu:
(1) batu petunjuk, yaitu poneglyph yang memberikan petunjuk tentang informasi yang berhubungan dengan poneglyph lain dan juga tentang senjata kuno. Contohnya adalah Poneglyph di Skypiea dan Arabasta
(2) batu kebenaran, yaitu poneglyph yang menceritakan tentang potongan-potongan dari sejarah sebenarnya. Contohnya adalah poneglyph di Pulau Fishman.

Apabila sejarah yang dituliskan pada Batu Kebenaran dihubungkan, akan menceritakan kebenaran sejarah yang terjadi pada masa Abad Kekosongan. Oleh sebab itulah Pemerintah Dunia menganggap bahwa poneglyph adalah benda berbahaya dan orang yang bisa membaca poneglyph dianggap sebagai penjahat besar.

Hubungan dengan Pemerintah Dunia
Dalam usahanya mempelajari tentang poneglyph, para Sarjana dari seluruh dunia yang berkumpul di Ohara menyebar kembali ke seluruh penjuru dunia untuk mencari poneglyph serta mencari tahu tentang sejarah tentang abad kekosongan dan banyak diantara para sarjana yang ditangkap oleh Angkatan Laut atas perintah Pemerintah Dunia maupun yang kehilangan nyawa karenanya
Hingga suatu saat, Cipher Pol 9 dengan bantuan Angkatan Laut datang ke Ohara untuk menghabisi semua sarjana yang ada di Ohara karena dianggap sebagai ancaman bagi Dunia dengan tuduhan melakukan kejahatan besar dengan berusaha menerjemahkan poneglyph. Dan pada akhirnya, bahkan Pulau Ohara dan perahu penyelamatpun sampai dihancurkan dengan Buster Call untuk mewaspadai bila ada sarjana yang mencoba meloloskan diri dengan menyamar menjadi penduduk sipil. Selain itu, Ohara dihancurkan sampai tak bersisa dengan tujuan untuk dijadikan contoh hukuman bagi siapa saja yang mencoba menerjemahkan poneglyph.
Pemerintah Dunia menggunakan Senjata Kuno sebagai alasan untuk melarang penerjemahan terhadap poneglyph. Tetapi sebelum Ohara dihancurkan, Prof. Clover sempat menyebutkan tentang kesimpulan dari penelitian para Sarjana tentang sejarah Abad Kekosongan pada Gorosei. Dan tepat sebelum Prof. Clover menyebutkan nama Kerajaan yang telah hancur itu, Gorosei memerintahkan Spandine agar menembak Prof. Clover.

Rio Poneglyph
Robin tidak menyelesaikan kata-katanya saat akan menjelaskan tentang Rio Poneglyph, tetapi banyak muncul perkiraan bahwa Rio Poneglyph adalah kesimpulan total (inti) dari sejarah Abad Kekosongan yang oleh Pemerintah Dunia dilarang untuk dicari kebenarannya. Untuk menemukannya, haruslah mengambil semua pesan yang ada pada masing-masing Poneglyph yang ada selama perjalanan mereka, dan akan berakhir di ujung dunia, yaitu Raftel. Gol D. Roger tampaknya telah menyelesaikan tugas ini, menurut Reyleigh.

Poneglyph dan Kelompok Bajak Laut Sang Raja
Menurut Silvers Rayleigh, Sang Raja Bajak Laut bersama kelompoknya telah berhasil menyimpulkan inti dari sejarah yang dipaparkan oleh poneglyph. Tetapi Rayleigh menjelaskan bahwa apa yang sudah mereka simpulkan dan apa yang sudah disimpulkan oleh para sarjana Ohara adalah kesimpulan yang terburu-buru karena bila ada yang berhasil sampai di Raftel, mungkin akan mempunyai kesimpulan yang berbeda.
Poneglyph Yang Telah Ditemukan

Poneglyph Arabasta
Terdapat satu Poneglyph di Arabasta, yang ditemukan di bawah tanah Kuil Alubarna. Inilah Poneglyph pertama yang diperlihatkan dalam serial One Piece.  Poneglyph ini memberitahukan lokasi Pluton. Robin tidak pernah mau untuk memberikan senjata kuno itu kepada Crocodile, oleh karena itu ia berbohong dengan menceritakan sejarah tanah yang belum ditemukan. Robin mencari kebenaran sejarah, bukan Pluton, untuk itu ia kehilangan semangatnya untuk melanjutkan perjalanannya. Namun setelah itu Luffy menyelamatkannya.

Poneglyph Sandora
Poneglyph Sandora terletak di Skypie. Robin menemukan dua Poneglyph, yang pertama memberitahukan lokasi Poneglyph yang lainnya. Dan Poneglyph ke dua, yang ditunjuk oleh Poneglyph pertama, memberikan pesan atas Abad Kekosongan. Terdapat Poneglyph palsu yang Robin temukan di reruntuhan di Upper Yard. Poneglyph Skypie yang sebenarnya terdapat di Shandorian Golden Belfry Bell (Lonceng Belfry Emas Shandorian) memberitahukan Robin rahasia lain – bagaimana menemukan senjata lain, Poseiden. Gol D. Roger sebelumnya juga pernah mengungkap Poneglyph ini dan meninggalkan pesan kepada siapapun yang dapat membaca Poneglyph itu untuk melanjutkan pencarian terhadap sejarah yang telah hilang. Shandian yang ditugaskan untuk menjaga Poneglyph itu, seiring berjalannya waktu dan beragam kejadian yang terjadi di Skypie, mereka lupa akan keberadaannya. Setelah Robin memeritahukan Poneglyph yang telah dibacanya tersebut, para Shandian seakan terbebas dari beban yang telah embannya selama berabad-abad.

Poneglyph Ohara
Terletak di Ohara, Poneglyph ini mencakup informasi tentang Abad Kekosongan (Void Century) antara lain, nama peradaban yang hilang tersebut, walaupun belum dikatakan apa namanya itu. Pemerintah Dunia menanggap pembelajaran arkeologi adalah berbaahaya bagi mereka dan akhirnya mereka menggunakan Buster Call untuk menghancurkan Pulau Ohara, dan Nico Robin menjadi satu-satunya penduduk yang selamat dari itu. Belum diketahui apakah Poneglyph itu ikut hancur bersama Pulau Ohara atau tidak. Namun Professor Clover pernah menyatakan bahwa Poneglyph itu pernyataan di atas batu yang tidak dapat dihancurkan.

Poneglyph Fishman Island (Ryugu)
Poneglyph ini terletak di sekitar Fishman Island, lebih tepatnya di Sea Forest. Robin menemukan sendiri Poneglyph ini dan menyadari bahwa Poneglyph ini berbeda dengan Poneglyph yang sudah dia temukan selama ini. Isi dari Poneglyph ini merupakan permintaan maaf dari seseorang bernama Joyboy kepada penduduk Fishmand Island. Setelah menanyakan lebih lanjut kepada raja Fishman Island, Neptune, Robin memastikan bahwa Joyboy adalah seseorang yg hidup pada masa Void Century, yg berasal dari luar Fishman Island dan gagal menepati suatu janji yang dibuatnya dengan ratu Fishman Island. Janji ini adalah janji untuk membawa kapal raksasa Noah ke permukaan. Pengungkapan terbesar yang dapat ditemukan dari Poenglyph ini adalah kebenaran dari Ancient Weapon bernama Poseidon yang tercantum di Poneglyph Skypie, yang sebenarnya adalah ratu dari Fishman Island pada masa Void Century. Ratu ini memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan Sea King, monster-monster laut.


1 komentar:

OPA 9 Pictures, Images and Photos